Catat Inilah Diare Inilah Gejala Disentri

Para orang tua apakah sudah tau bahwa si kecil sedang terkena disentri? Atau justru Anda sendiri sedang mengalami disentri? Penyakit disentri tidak boleh dianggap remeh karena kesalahan dalam penanganan atau terlambat memberikan obat yang tepat akan berbahaya.

Nah untuk itu sebaiknya Anda mengetahui bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan ketika disentri menyerang.

Sebelumnya pelajari apa itu disentri dan apa saja gejala yang harus diketahui. Disentri adalah penyakit yang menyerang bagian usus dan dilakukan oleh virus.

Akibat dari virus yang menyerang ini maka diare akan terjadi terus menerus bahkan tidak akan berhenti. Ketika virus menyerang maka kondisi sakit bisa dialami mulai dari 3 hingga 7 hari.

Disentri pada bayi akan sangat berbahaya karena bayi berbeda dengan orang dewasa dalam hal kekebalan tubuh yang dimiliki. Sehingga virus disentri paling cepat menyerang bayi. Virus ini bisa masuk karena pemberian asupan makan yang buruk.

Awas, Inilah Jenis Virus Disentri yang Menyerang Bayi

Banyak sekali kasus disentri pada bayi mengakibatkan kematian karena terjadinya dare terus menerus dan tidak berhenti menyebabkan bayi kekurangan cairan. Pada saat ini maka bayi akan mengalami dehidrasi akut karena kekurangan cairan tubuh, inilah yang menyebabkan kematian.

Jenis virus disentri yang akan menyerang bayi antara lain adalah disentri basiler dan disentri amoeba. Disentri basiler adalah infeksi bakteri dalam tubuh dan jenis bakteri yang merusak adalah baketri shigella. Sedangkan untuk disentri amoeba adalah disentri yang muncul karena infeksi amoeba dan parasit bersel satu.

Bayi akan mudah terserang virus melalui makanan, minuman, peralatan makanan yang kotor dan terkena bakteri bahkan tangan yang memegang bayi.

Maka ketika akan memberikan makanan dan minuman kepada bayi wajib melakukan cuci tangan dan pastikan peralatan makan dan minum selalu bersih.

Bayi yang mengkonsumsi ASI juga bisa terkena jadi selalu perhatikan lingkungan bayi agar benar-benar bersih dan sehat. Tidak hanya bayi, kebersihan balita yang sedang senang bermain juga harus diperhatikan.

Balita akan sering bermain di luar sebagai pengenalan namun selalu pastikan mereka tidak memasukan sesuatu yang bukan makanan ke dalam mulut seperti pasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.